Model Pendidikan Politik Kebangsaan: Studi Kasus Pada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini menganalisis model pendidikan politik yang digunakan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan untuk membangun masyarakat sipil yang sadar, aktif, dan bertanggung jawab secara politik. Partisipasi politik yang rendah dan tingkat golput yang tinggi, menjadikan pendidikan politik sebagai strategi transformatif bagi partai dalam memperkuat demokrasi lokal. PDIP mengembangkan model yang berbasis ideologis, partisipatif, dan nilai-nilai kebangsaan melalui pendekatan terstruktur dari pengurus pusat ke daerah. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif dengan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun telah dilaksanakan pelatihan kader dan sekolah partai, tantangan tetap ada, seperti keterbatasan sumber daya, pemahaman ideologis yang lemah, dan kurangnya inovasi. Oleh karena itu, pendidikan politik perlu dioptimalkan secara kontekstual dan berkelanjutan. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kapasitas kader dan peningkatan kualitas program berbasis masyarakat.