Pengembangan Bank Soal Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan bank soal pendidikan kewarganegaraan berbasis HOTS,dengan metode penelitian R&D. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang mengikuti matakuliah pendidikan kewarganegaraan semester 1 tahun akademik 2021/2022 di UPT MPK Universitas Sriwijaya. Melalui tahapan studi pendahuluan diperoleh tanggapan rata-rata 83,69% dimana mahasiswa menganggap matakuliah pendidikan kewarganegaraan mudah untuk dipelajari dan soal-soal ujian tergolong mudah diselesaikan. Mahasiswa membutuhkan soal-soal yang mampu melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Berdasarkan hasil tersebut tim membuat bank soal pendidikan kewarganegaraan yang kemudian prototypenya di uji validasi dengan hasil uji terakhir yaitu 87,5% dengan katagori baik atau layak diujicobakan. Selanjutnya melakukan uji coba produk one to one dengan hasil 89% dengan katagori sangat baik, tahap small group diproleh hasil 83,3% dengan katagori sangat baik serta tahap field evaluation diperoleh hasil 85% dengan katagori sangat baik. Kemudian N-Gain 0,57 katagori sedang, dengan peningkatan rata-rata nilai pre-posttest adalah 0,17%. Dengan demikian bank soal yang dikembangkan tim valid dan efektif sera memiliki efek potensial dalam melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa.