Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran PPKn Melalui Model Belajar Mind Mapping

  • Panggih Nur Adi Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Labuhanbatu, Indonesia
  • Indah Fitria Rahma Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Labuhanbatu, Indonesia
  • Agus Anjar Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Labuhanbatu, Indonesia
  • Toni Toni Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Labuhanbatu, Indonesia
  • Zunaidy Abdullah Siregar Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Labuhanbatu, Indonesia
Keywords: kemampuan berpikir kritis, Mind Mapping, pembelajaran PPKn

Abstract

This article describes the improvement of students’ critical thinking skills using the Mind Mapping learning model. This research was conducted at SMP Negeri 2 Bilah Hulu junior high school, Labuhanbatu regency, North Sumatra province. The type of this research is Classroom Action Research which are divided into pre-cycle, cycle I, and cycle II to find a comparison of improvement through observation and test question. This result showed a very significant increase throughout the cycles. In pre-cycle activities, only seven people got the Very Creative category with a score of 28,06%; in Cycle I activities, eight people got the Very Creative category with a score of 33,3%, then in the Cycle II activity, the number of students who got the Very Creative category increased significantly with a score of 61,09%. Based on this result of increases, it can be analyzed that the Mind Mapping learning model or technique can improve students’ critical thinking skills in the aspect of communicating and collecting facts observed by observers in making concept maps.

Keywords: critical thinking ability, Mind Mapping, Civic Education learning

ABSTRAK

Artikel ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model belajar Mind Mapping. Penelitian dilakukan di kelas VII SMP Negeri 2 Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan prasiklus, siklus I, dan siklus II untuk mencari perbandingan peningkatan melalui observasi dan tes soal. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan; pada kegiatan prasiklus hanya tujuh orang mendapatkan kategori Sangat Kreatif dengan skor 28,06%, kemudian meningkat pada kegiatan Siklus I yakni 8 orang mendapatkan kategori Sangat Kreatif dengan skor 33,3%, kemudia pada kegiatan Siklus II jumlah siswa yang mendapatkan kategori Sangat Kreatif melonjak dengan skor 61,09%. Berdasarkan kenaikan pada hasil tes maupun observasi, dapat dianalisa bahwa model belajar atau teknik Mind Mappng dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam aspek mengkomunikasikan serta mengumpulkan fakta yang diamati oleh observer pada pembuatan peta konsep.

Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, Mind Mapping, pembelajaran PPKn

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-24
Section
Articles