Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kontekstual pada Mata Kuliah Dasar dan Konsep Pendidikan Moral

  • Husnul Fatihah Departemen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Sri Artati Waluyati Departemen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Puspa Dianti Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Keywords: buku ajar berbasis kontekstual, mata kuliah dasar, pendidikan moral

Abstract

This study aims to develop context-based text book for the Moral Education Basic and Concept Course. The subject of this study was the first-year students at the Department of Pancasila and Civic Education Sriwijaya University who enrolled in Moral Education Basic and Concept Course in the June-December term of 2020 school year. The research was conducted using research and development method in the following steps; 1) preliminary study, 2) product development, and 3) product test. During the preliminary study, researcher found that the textbook used previously is not context based and the number is so limited, therefore the development of textbook for the Moral Education Basic and Concept Course is urgently needed. The textbook was developed contextually, particularly in the concept of moral education in the cyberspace, for example when the students search their social media and when learning for the courses from home. The textbook prototype was validated by experts and tested, which resulted in the validation of 87,5%, meaning valid. It was also tested on students through one-to-one test that shows 93,33% validity, and small group test with 92% validity, which mean that the textbook is practical to use.

Keywords: context-based textbook, basic courses, moral education

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar berbasis kontekstual pada Mata Kuliah Dasar dan Konsep Pendidikan Moral. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester satu pada Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Sriwijaya yang mengambil Mata Kuliah Dasar dan Konsep Pendidikan Moral pada semester Ganjil 2020-2021. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan (Reaserch and Development) dengan langkah-langkah; 1) studi pendahuluan, 2) pengembangan produk, 3) uji produk. Pada studi pendahuluan diperoleh analisis kebutuhan yang menyatakan bahwa buku ajar yang dipakai sebelumnya tidak berbasis kontekstual dan jumlah buku ajar masih sangat sedikit, sehingga diperlukan segera pengembangan buku ajar Mata Kuliah Konsep dan Dasar Pendidikan Moral. Buku ajar dikembangkan berbasis kontekstual terutama pada konsep pendidikan moral di dunia maya, misalnya saat mahasiswa berselancar di media sosial dan saat mengikuti perkuliahan dari rumah selama pembatasan social karena pandemi. Prototipe buku ajar divalidasi oleh ahli dan diuji coba. Hasil validasi adalah 87,5% yang artinya valid; sedangkan hasil uji coba one to one 93,33% dan uji coba small group 92% yang artinya buku ajar praktis untuk digunakan.

Kata kunci: buku ajar berbasis kontekstual, mata kuliah dasar, pendidikan moral

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-31
Section
Articles