Penerapan Model Belajar Berbasis Riset dalam Mengembangkan Civic Skills Mahasiswa
Abstract
Citizenship learning aims to create graduates who have civic competencies so that they become good citizens. However, Citizenship learning tends to be implemented using a model centered on lecturers so that lecturers are the only source of learning. Meanwhile, civic com-petencies, particularly civic skills, cannot be obtained simply by transferring knowledge. This study aims to analyze how the use of research-based learning models can improve student civic skills in the Citizenship course. This study used classroom action research with a quali-tative approach. Data were collected through observation, interviews, and documentation studies. The result of the study shows that the research-based learning model can train students to think critically and have participatory skills. Based on the results, we recommend: (a) for educators, to map students’ learning needs and abilities at the beginning of a new semester or a new school year so that they can use effective learning models; (b) for other re-searchers, to use research-based learning models on different respondents or in other subjects so they can examine the effectivities of using research-based learning models more broadly.
Keywords: Research-Based Learning Models, civic skills, citizenship
ABSTRAK
Pembelajaran mata kuliah Kewarganegaraan memiliki tujuan menciptakan lulusan yang memiliki civic competencies sehingga dapat menjadi warga negara yang baik. Akan tetapi, pembelajaran kewarganegaraan cenderung dilaksanakan dengan model pembelajaran yang berpusat pada dosen sehingga dosen sebagai satu-satunya sumber belajar, sedangkan kompetensi kewarganegaraan khususnya civic skills tidak dapat diperoleh hanya dengan mentransfer pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model belajar berbasis riset dalam meningkatkan civic skills mahasiswa pada mata kuliah Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa penerapan model belajar berbasis riset dapat melatih mahasiswa untuk terbiasa berpikir kritis dan memiliki keterampilan partisipasi. Berdasarkan hasil penelitian, penulis merekomendasikan antara lain: (a) bagi pendidik, memetakan kebutuhan dan kemampuan belajar peserta didik di awal semester atau tahun ajaran baru sehingga dapat menggunakan model pembelajaran yang efektif; (b) bagi peneliti selanjutnya, mencoba menggunakan model belajar berbasis riset pada responden yang berbeda atau mata kuliah yang lain sehingga dapat mengetahui efektivitas penggunaan model belajar berbasis riset secara lebih luas.
Kata kunci: Model Belajar Berbasis Riset, civic skills, kompetensi kewargaan, kewarganegaraan